Rabu, 25 Desember 2013

Iklan Online Mulai Meraja

Hello Kacamata Jerapah...

Iklan... iklan... iklan....
setiap hari kita hidup tidak akan lepas dari yang namanya iklan...

Buka mata, buka televisi selalu diselingi oleh iklan di setiap jeda acara
iseng-iseng baca koran bakal nemu halaman iklan
entah, barang atau jasa iklan itu semakin variatif dan berusaha menarik perhatian
orang banyak dengan segala cara.

dari sekian banyak macam iklan yang kita kenal, kini telah disaingi oleh jenis iklan pendatang baru
yang mendiami suatu jaringan yang sedang digandrungi oleh masyarakat
pada masa sekarang...
ya... itu adalah ikan Online



Sebelum itu mari kita lihat sejarah dari advertising / periklanan
- Pamflet adalah bentuk dari advertise pertama
- William Caxton mengeluarkan iklan cetakpertama pada tahun 1468, untuk
   mempromosikan buku-bukunya.
- Penerbitan iklan pertama kali muncul tahun 1704 pada harian Boston NewsLetter.
- John Campbell pemuat iklan pertama yang berisi pemberitahuan mengenai penjualan tanah
   di Long Island
- Konsep iklan kemudian dikenal luas dan muncul media lain, yakni Penny Press yang dijual dengan harga satu penny
- Benjamin Day menerbitkan New York Sun pada tahun 1833, yaitu koran penny pertama.

Viral Marketing
Viral Marketing adalah suatu istilah yang digunakan yaitu untuk mewakili suatu proses
penyampaian pesan pemasaran menggunakan internet. Iklan dapat dipasang di berbagai saluran
komunikasi Online seperti chat room, blog, website, buttons, intermercial, pop up atau pop-under advertising...

Mungkin kita sering dihadapkan dengan beberapa iklan online yang secara sengaja muncul setiap kita
memasuki suatu halaman blog atau website, nah banyak macam iklan itu tapi belum tau kita mengerti jenis-jenis atau nama-nama dari iklan tersebut... nah buat itu mari kita lihat macam-macam iklan online berikut ini :

1. Direct Adv
  
iklan ini adalah dimana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.

2.  Self-Service Advertising


Pendekatan iklan baru dimana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.

3. Ad Networks
Sebuah jaringan networks iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.

4. Contextual Advertising
Iklan yang ditergetkan pada content. iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

5. Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaiut iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.

6. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu didalam website dengan content iklan yang berhubungan.

7. Ad Network Optimization
Jasa Optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih ikllan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya.

8. Rep Ad Agencies

Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar.

9. Social Advertising
Iklan untuk social media. tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing, dan rekomendasi langsung.

10. Video Advertising

bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. berbagai format tersedia termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama penayangan content.

11. RSS Advertising
iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi terntentu.

12.Sponsorship


Bentuk bantuan datau atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand . Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar